Ini Dia 3 Cara Budidaya Lintah untuk Pemula yang Benar

Saat mendengar istilah lintah, mungkin banyak yang berpikir bahwa hewan ini dianggap kurang menguntungkan dan menjijikan. Padahal belakangan ini budidaya lintah cukup digemari berbagai kalangan karena banyak dimanfaatkan untuk prosedur pengobatan.

cara-budidaya-lintah-Star-Farm

Sebagai contoh, air liur lintah sering kali digunakan untuk menyeimbangan tekanan darah, mengatasi diabetes, dan mempercepat penyembuhan luka. Jika Anda mulai tertarik untuk ternak lintah, maka berikut adalah beberapa cara budidaya lintah yang mudah dilakukan oleh pemula.

Mudahnya Cara Ternak Lintah

Ada 3 cara ternak lintah yang harus dilakukan secara bertahap, yakni sebagai berikut:

1. Tahap persiapan

Siapkan kolam tembok sebagai tempat budidaya lintah dengan ketinggian air sekitar 30 cm dengan tambahan alas seperti pecahan genteng dan akar-akar tumbuhan sebagai media lintah untuk menempelkan tubuhnya.

Saat lintah masih anakan, pastikan suhu kolam sekitar 18-20 derajat cercius, sedangkan saat proses pembesaran maka suhu dinaikkan sekitar 25-30 derajat celcius. Kolam untuk lintah harus ditutupi dengan kawat kasa agar lintah tidak melintasi kolam.

Perhatikan pH air di mana berada sekitar 5 sampai 7 dengan kelembaban udara 30 persen. Setiap 1 m2 bisa diisi dengan 800 indukan lintah.

2. Tahap Pembesaran

Pada tahap ini, Anda bisa mendapatkan indukan lintah dengan membelinya di peternak lain atau di toko ternak. Anda sebaiknya memilih indukan yang sudah berumur minimal 6 bulan agar lebih cepat bertelur. Pada tahap pembesaran ini, Anda bisa memberi pakan berupa belut, hewan berkulit licin, lele, dan lain sebagainya.

3. Tahap Ternak

Pada proses pembibitan biasanya akan memakan waktu 6 bulan di mana induk-induk lintah mulai bertelur saat memasuki usia 15 hari. Kemudian, telur lintah tersebut terbungkus oleh kokon dalam waktu sekitar 14 hari. Jumlah anakan lintah dalam satu kokon sekitar 12 sampai 20 ekor.

Jangan lupa untuk memisahkan indukan dan anak lintah untuk menghindari indukan memakan anak lintahnya sendiri. Beri pelet pada anakan lintah 2 minggu sekali selama 2 bulan, setelah itu beri makanan biasa seperti lintah dewasa.

Demikianlah cara budidaya lintah yang bisa dilakukan oleh pemula. Anakan lintah biasanya bisa dipanen atau dijual saat usianya sudah mencapai minimal 4 bulan. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top